Analisis Struktur dan Unsur Kebahasaan pada Teks Biografi Nadiem Makarim serta Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun 2021

  • Oding Supriadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Siti Nur Eliza Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dian Hartati Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan unsur kebahasaan dalam teks biografi Nadiem Makarim. Hasil analisis yang diperoleh akan digunakan sebagai alternatif materi ajar Bahasa Indonesia kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah buku teks biografi Nadiem Makarim karya Armadita Fikriani. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik membaca dan teknik mencatat. Analisis data dilakukan berdasarkan teori Miles & Huberman (1992) dengan tiga tahapan analisis yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah teks biografi Nadiem Makarim memuat struktur teks biografi yang meliputi orientasi, peristiwa penting, dan reorientasi. Berisi unsur kebahasaan teks bographic yang meliputi (1) kata kerja orang ketiga tunggal, (2) kata kerja tindakan, (3) kata kerja deskriptif, (4) kata kerja pasif, (5) kata kerja mental, (6) kata sambung, kata depan, atau nomina yang menggambarkan urutan waktu.

Published
2021-10-31
How to Cite
SUPRIADI, Oding; ELIZA, Siti Nur; HARTATI, Dian. Analisis Struktur dan Unsur Kebahasaan pada Teks Biografi Nadiem Makarim serta Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun 2021. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 588-596, oct. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/417>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.417.