Peran Madrasah Diniyah Musyawirul Ulum dalam Menanamkan Karakter Religius Anak di Tenggong Kademangan

  • Umi Nahdiyah universitas nahdlatul ulama blitar
  • Nanang Zamroji

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyaknya anak yang ugal-ugalan di jalan, dimasyarakat banyaknya kasus kemerosotan moral anak, seringnya pelanggaran peraturan siswa yang dilakukan, misalnya perayaan kelulusan dengan mencoret-coret baju, membolos sekolah, dan terhadap gurunya berani. Untuk pengoptimalan pendidikan karakter, lembaga pendidikan mempunyai penan penting, pendidikan madrasah diniyah yang dipercaya oleh masyarakat nilai-nilai islamnya yang masih menjadi panutan.


Permasalahan tersebut yang menjadikan awal penanaman karakter religius anak yang aktif diperankan Madrasah diniyah musyawirul ulum. Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan peran Madrasah diniyah musyawirul ulum dalam menanamkan karakter rekigius anak, serta menggambarkan strategi penanaman karakter religius yang diperankan Madrasah diniyah musyawirul ulum. Madrasah diniyah musyawirul ulum menjadi latar pengambilan penelitian ini, yang termasuk penelitian kualitatif. Menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data.  Melakukan analisis kualitatif untuk analisis data. Melakukan triangulasi dengan pembandingan hasil pengamatan dengan data hasil wawancara serta pembandingan hasil wawancara yang berkaitan dalam pemeriksaan keabsahan.


Hasil penelitian yaitu: penanaman karakter religius anak menunjukkan Peran Madrasah diniyah musyawirul ulum sebagai mobilitas masyarakat, peranan instrumental, pembinaan mental dan keterampilan, keagamaan Islam. Strategi dalam menanamkan karakter religius anak di Madrasah diniyah musyawirul ulum yaitu dengan menanamkan sikap pembiasaan, sikap keteladanan, sikap tanggungjawab, sikap kepedulian.


 

Published
2021-08-31
How to Cite
NAHDIYAH, Umi; ZAMROJI, Nanang. Peran Madrasah Diniyah Musyawirul Ulum dalam Menanamkan Karakter Religius Anak di Tenggong Kademangan. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 558-562, aug. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/411>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.411.