Tingkat Pemahaman Aktivitas Ritmik pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Utara

  • Saepul Ma'mun Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lindania dwiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Resita Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas siswa yang sangat minim serta tidak adanya pemberian teori dikelas maka siswa sulit memahami aktivitas pembelajaran yang dilakukan, minat dan perhatian siswa selama mengikuti pmbelajaran aktivitas  ritmik tengah minim. Maka dari itu ini yang menjadikan nilai aktivitas ritmik lebih rendah KKM yang ditentukan. Tujuan diadakannya penelitian ini agar dapat melihat pada aktivitas ritmit seberapa besar tingkat pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Penelitian ini termasuk deskriptif kuantitatif yang dimana metode yang dipergunakan ialah metode survey. Dan mempergunakan angket dengan tes pertanyaan pilihan ganda sebagai teknik pengumpulan data. Populasi yang dipergunakan ialah  siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Utara dengan total 218 siswa dengan sampel yang dipergunakan yakni 70 siswa yang mana menggunakan purposive random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Hasil penelitian ini yaitu tingkat pemahaman aktivitas ritmik pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cikarang Utara secara keseluruhan berada pada kategori “Sedang” dengan jumlah 24 siswa dan presentase sebesar (34%).

Published
2021-08-31
How to Cite
MA'MUN, Saepul; DWIYANTI, Lindania; RESITA, Citra. Tingkat Pemahaman Aktivitas Ritmik pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 533-541, aug. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/404>. Date accessed: 18 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.404.