Pengaruh Minat Belajar, Video Animasi dan Percaya Diri terhadap Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Sepakbola SMPN 2 Rawamerta Kab. Karawang

  • Nadi Nadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Febi Kurniawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Resty Gustiawati Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mengetahui dan menganalisis pengaruh hubungan minat belajar, video animasi dan percaya diri terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran sepakbola di SMPN 2 Rawamerta. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen desain penelitian mempergunakan Time SeriesĀ  Design. Seluruh populasi penelitian ini dijadikan sebagai sampel yaitu seluruh kelas VIII A di SMPN 2 Rawamerta Kab. Karawang. Penelitian ini memberikan hasil bahwa: secara parisal motivasi siswa dapat dipengaruhi oleh minat belajar, serta motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh video animasi tetapi motivasi belajar tak bisa dipengaruhi oleh percaya diri. Secara simultan di simpulkan bahwa motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh minat belajar, video animasi dan percaya diri pada kelas VIII di SMPN 2 Rawamerta.

Published
2021-08-31
How to Cite
NADI, Nadi; KURNIAWAN, Febi; GUSTIAWATI, Resty. Pengaruh Minat Belajar, Video Animasi dan Percaya Diri terhadap Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Sepakbola SMPN 2 Rawamerta Kab. Karawang. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 519-527, aug. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/402>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.402.