Studi Analisis Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Secara Daring

  • Dede Tana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Irfan Zinat Achmad Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Salam Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan semakin menurunnya disiplin ilmu peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani secara daring. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui Studi Analisis Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Secara Daring. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif dalam bentuk data kuantitatif, Metode yang digunakan ialah metode survey dengan menggunakan teknik sampling acak. Istilah lain dari sampel acak yaitu yang mana semua individu dalam populasi target mempunyai hak kesempatan yang sama dalam memilih. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telagasari yang berjumlah 410 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pada faktor jenis kedisiplinan yang terdiri dari indikator kehadiran siswa persentase (82,31%) dalam kategori tinggi, indikator mengikuti pelajaran di kelas persentase (83,45%) dalam kategori tinggi, indikator mengerjakan tugas dengan persentase (90,90%) dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan untuk faktor jenis kedisiplinan yang terdiri dari indikator internal persentase (80.83%) dalam kategori tinggi, dan indikator eksternal dengan persentase (76,44%) dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani yaitu sebesar (82,79%) termasuk kedalam kategori tinggi.  

Published
2021-08-31
How to Cite
TANA, Dede; ACHMAD, Irfan Zinat; HIDAYAT, Abdul Salam. Studi Analisis Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Secara Daring. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 500-508, aug. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/400>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.400.