Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Secara Daring di SMP Kabupaten Karawang

  • Renal Herlambang Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Irfan Zinat Achmad Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Akhmad Dimyati Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan penelitia ini ialah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran PJOK secara daring di SMP Kabupaten Karawang tepatnya di kelas IX SMP Negeri 1 Jatisari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode survey. Populasi penelitian ini yaitu sebanyak 302 sisiwa dengan teknik sampling yaitu Simple Random Sampling sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 80 siswa. Metode analisis yang digunakan ialah metode analisis Tingkat Capaian Responden (TCR). Hasil dari penelitian ini mengacu pada 3 indikator yaitu indikator efektivitas pembelajaran yang memiliki kriteria cukup baik (66%), kemudian indikator efektivitas interaksi yang berkriteria cukup baik (69%), dan indikator efektivitas pemahaman termasuk ke dalam kriteria cukup baik (65%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan secara daring di SMP Kabupaten Karawang tepatnya di kelas IX SMP Negeri 1 Jatisari memiliki kriteria cukup baik, maka bisa dikatakan pembelajaran PJOK yang berlangsung secara daring berjalan dengan cukup efektif

Published
2021-08-31
How to Cite
HERLAMBANG, Renal; ACHMAD, Irfan Zinat; DIMYATI, Akhmad. Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Secara Daring di SMP Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 492-499, aug. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/397>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.397.