Peningkatan Kompetensi Pedagodik Kepala Sekolah Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis di Gugus III Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Ikhsan Nurhadi Koordinator wilayah pendidikan kecamatan dongko

Abstract

Tugas pokok kepala sekolah yaitu sebagai tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sehingga seorang kepala sekolah harus mempunyai tugas sebagai seorang guru yang melaksanakan atau memberikan pelajaran atau mengajar bidang studi tertentu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana. Peningkatan Kompetensi Pedagodik Kepala Sekolah Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Di Gugus III Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 dan Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran, mencari solusi, dan meningkat kompetensi pedagogik kepala sekolah melalui supervisi klinis di Gugus Inti III Kecamatan Dongko. Subjek Penelitian adalah 5 kepala sekolah di Gugus III Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan secara induktif, yaitu dimulai dari lapangan atau fakta empiris dengan cara terjun ke lapangan, mempelajari, menganalisis, menafsirkan dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik kepala sekolah di Gugus Inti III Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek terbukti dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kompetensi pedagogik dari belum ada pada pra siklus, meningkat menjadi 2 orang kepala sekolah atau 40%, dan pada siklus terakhir meningkat menjadi 100% atau semua kepala sekolah dinyatakan meningkat kompetensi pedagogiknya.

Published
2021-08-31
How to Cite
NURHADI, Ikhsan. Peningkatan Kompetensi Pedagodik Kepala Sekolah Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis di Gugus III Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 483-491, aug. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/390>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.390.