Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah melalui Pendampingan untuk Meningkatkan Kompetensi Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru

  • Marnoko Marnoko Pengawas SD Kabupaten Mojokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah melalui pendampingan untuk meningkatkan kompetensi menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru di SDN Randubango semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan Penetitian Tindakan Sekolah. Analisis   data     kualitatif: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus 1, guru belum maksimal menyusun RPP. Tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal, Pengawas Sekolah perlu mengadakan supervisi akademik melalui pendampingan secara rutin dan memberika balikan. Dalam Supervis akademik pendampingan dilakukan terhadap 8 guru sudah ada peningkatan dalam menyusun RPP. Dengan hasil nilai rata-rata prasiklus 59,58, siklus 1 sebesar 72,50, siklus 2 sebesar 80,00 dan ketuntasan (25,0%, 37,5%, 87,5%). Tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal, penyusunan RPP sesuai dengan standar isi. Berarti ada peningkatan kinerja guru dalam menyusun RPP. Dengan demikian tujuan penelitian dapat tercapai.

Published
2021-07-31
How to Cite
MARNOKO, Marnoko. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah melalui Pendampingan untuk Meningkatkan Kompetensi Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 400-405, july 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/388>. Date accessed: 23 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i3.388.