Melalui Whatsapp dan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran

  • Siti Suwantin SD Negeri Payungrejo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa, peningkatan kemampuan kreativitas  siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Payungrejo dalam pembelajaran matematika materi soal cerita operasi hitung campuran melalui penerapan pendekatan Problem Posing. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Payungrejo tahun pelajaran 2020/2021  yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes berpikir kreatif, dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa dalam setiap siklus mengalami peningkatan yaitu dari 65,33% pada siklus I menjadi 82,67% pada siklus II. Kemampuan kreativitas  siswa dalam setiap siklus mengalami peningkatan yaitu dari cukup kreatif pada siklus I dengan rata-rata skor 47,92 menjadi kreatif pada siklus II dengan rata-rata skor 63,54. Rata-rata hasil belajar siswa pada pre test sebesar 64,79 dengan ketuntasan klasikal 45,83% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 77,92 dengan ketuntasan klasikal 75% dan pada siklus II sebesar 85 dengan ketuntasan klasikal 91,67%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan kreativitas  dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran pada siswa kelas IV SDN Payungrejo

Published
2021-07-31
How to Cite
SUWANTIN, Siti. Melalui Whatsapp dan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 457-469, july 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/386>. Date accessed: 23 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i3.386.