Teknik Teks Modelling: Meningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Pada Bidang Studi Bahasa Indonesia

Main Article Content

Yayuk Widyawati

Abstract

Kemampuan menulis puisi adalah kecakapan yang dimiliki siswa untuk mengekspresikan pengalaman batin secara tertulis dalam bentuk larik dan bait. Faktor penghambat yang dialami siswa dalam menulis puisi adalah siswa kurang mengkomunikasikan pikiran dan perasaannya karena suasana kelas kurang kondusif, rendahnya kosa kata yang dimiliki siswa, guru menggunakan metode ceramah. Upaya perbaikan yang dilakukan dengan tindakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan teknik teks Modelling. Jenis penelitian ini berupa tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan meliputi tahap mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data atau menarik kesimpulan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 10 orang. Instrumen penelitian berupa tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, yaitu 58,62 pada studi awal, 65,52 pada siklus pertama, dan 76,21 pada siklus terakhir serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar dimana pada studi awal hanya 7 orang siswa (24.14%) menjadi 18 siswa (62.07%) pada siklus pertama dan pada siklus terakhir menjadi 27 siswa (93.10%). Dari penjelasan di atas disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran dengan teks modelling terbukti meningkatkan hasil belajar siswa kelas  V  SDN 2 Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek pada materi menulis puisi.

Article Details

How to Cite
WIDYAWATI, Yayuk. Teknik Teks Modelling: Meningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Pada Bidang Studi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 120-124, mar. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/37>. Date accessed: 14 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.37.
Section
Articles