Sekularisme Pendidikan Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

  • Ekawati Hamzah IAI As'adiyah Sengkang
  • Baso Syafaruddin FTK IAI As’adiyah Sengkan
  • Muh. Harta Pascasarjana IAI As’adiyah Sengkang2

Abstract

Artikel ini membahas mengenai sekularisme pendidikan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam tujuan penulisan artikel ini Tujuan penulisan artikel ini adalah sebagai berikut; (1) Menjelaskan mengenai Sekularisme Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam dan (2) Upaya Menanggulangi Sekularisme Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Tilisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data berdasarkan kajian kepustakaan dalam bentuk cetak dan digital. Hasil penelusuran dikelolah, dianalisis dan disajikan berdasarkan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekularisme dalam pendidikanberupaya untuk membangung dinding penghalan antara ilmu pengetahuan dan agama yang mengakibatkan kondisi peserta didik akan mengalami krisis moral. Namul hal tersebut tidak dapat dihindari karena merupakan bagian dari modernisasi yang memengaruhi setiap sektor kehidupan manusia. Oleh karena itu dalam tulisan ini ditawarkan suatu upaya dalam menaggulangi sekularisme pendidikan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam melalui dua acara yakni control terhadap esensi dan orientasi sekularisme dalam pendidikan. hal tersebut meniscayakan perkembangan ilmu pengetahuan yang tidak terlepas dari nilai-nilai spiritual.

Published
2021-07-31
How to Cite
HAMZAH, Ekawati; SYAFARUDDIN, Baso; HARTA, Muh.. Sekularisme Pendidikan Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 352-357, july 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/369>. Date accessed: 23 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i3.369.