Pengembangan Modul Pembelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah

  • Fitri Nurlaili Universitas Banten Jata
  • Budi Mulyati Universitas Banten Jaya
  • Fetty Elisa Saragih Universitas Banten Jaya

Abstract

Perubahan kurikulum 2013 menyebabkan muncul mata pelajaran baru yaitu Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah sehingga bahan ajar untuk mata pelajaran ini masih terbatas oleh karena itu  Penelitian ini bertujuan untuk menambah bahan ajar yang layak digunakan dengan cara mengembangkan modul pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development  adaptasi teori Borg and Gall, Prosedur yang digunakan adalah research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision. Penelitian dilakukan kepada 3 ahli 14 peserta didik kelas XI SMK PGRI 3 Kota Serang Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil pengembangan modul pembelajaran berupa validasi ahli materi dengan rata-rata penilaian 3,55, ahli pendidikan sebesar 3,36 dan ahli desain 3,5 , hasil validasi seluruh ahli pada desain modul memiliki klasifikasi sangat tinggi. Pada uji coba terbatas peserta didik memberikan penilain sebesar 3,75 memiliki klasifikasi sangat tinggi, sehingga pengembangan modul sangat layak digunakan pada kegiatan pembelajaran


 

Published
2021-07-31
How to Cite
NURLAILI, Fitri; MULYATI, Budi; SARAGIH, Fetty Elisa. Pengembangan Modul Pembelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 342-351, july 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/363>. Date accessed: 23 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i3.363.