Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Gambar Diam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah

  • M. Hafizul Furqan Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, Indonesia
  • Muhjam Kamza Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, Indonesia
  • Muhammad Haikal Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, Indonesia
  • Teuku Kusnafizal Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, Indonesia
  • Julia Julia SMKN 1 Kuala Baru, Aceh Singkil, Indonesia

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan suatu bangsa. Pendidikan juga dapat menentukan maju mundurnya pelaksanaan pembangunan suatu bangsa dalam segala bidang.  Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, maka pemerintah mendirikan lembaga-lembaga pendidikan mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi, yang maksudnya agar seluruh bangsa Indonesia dapat mengecap pendidikan. Perkembangan ilmu pengetahuan menuntut kemampuan guru untuk menciptakan kegiatan  belajar mengajar yang dapat dan mampu mengembangkan hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pemebalajaran STAD dangan berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Analisis data dalam penelitian ini  menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD yang di kombinasikan dengan media gambar diam lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran STAD tanpa kombinasi

Published
2021-07-31
How to Cite
FURQAN, M. Hafizul et al. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Gambar Diam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 337-341, july 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/361>. Date accessed: 23 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i3.361.