Metode Index Card Match Meningkatkan Prestasi Belajar PKn

Main Article Content

Hari Subagyo

Abstract

Observasi awal pada pembelajaran PKn kelas IV SDN 1 Kedungsigit terdapat permasalahan, guru menyampaikan materi dengan metode ceramah, siswa bersikap pasif dalam proses pembelajaran, pembelajaran terkesan teoritis, dan guru belum mampu memanfaatkan model pembelajaran secara optimal. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes individu, lembar kerja kelompok, pedoman observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menunjukkan bahwa metode index card match pada pembelajaran PKn telah berhasil meningkatkan Prestasi Belajar siswa. Ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pada keadaan awal sebanyak sebesar 56,00 meningkat menjadi 66,00 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 74,00 dengan tingkat ketuntasan belajar dari 1 siswa atau 10% menjadi 6 siswa atau 60% dan meningkat menjadi 10 siswa atau100% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa metode index card match dalam pembelajaran PKn tema globalisasi dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
SUBAGYO, Hari. Metode Index Card Match Meningkatkan Prestasi Belajar PKn. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 115-119, mar. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/36>. Date accessed: 14 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.36.
Section
Articles