Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda Melalui Metode Eksperimen

Main Article Content

Mujirah Mujirah

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru SD Negeri 7 Jombok Kecamatan Pule masih terlalu banyak menggunakan metode ceramah. Dalam kegiatan pembelajaran pada materi perubahan sifat benda guru tidak menggunakan alat peraga dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dampak dari pembelajaran tersebut nilai yang dicapai siswa masih banyak yang berada di bawah KKM. Hasil tes siswa menunjukkan bahwa 63,7% dari 11 siswa nilainya tidak mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan sifat benda melalui metode eksperimen pada siswa kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2016 - 2017 di SD Negeri 7 Jombok?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan sifat benda melalui metode eksperimen pada siswa kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2016 - 2017 di SD Negeri 7 Jombok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tes siswa berturut-turut pada pra siklus 58,18, siklus I 67,27, dan siklus II yang meningkat menjadi 79,09. Selain itu, ketuntasan belajar pada pra siklus 36,3% (tidak tuntas) , siklus I 63,7 % (tidak tuntas), dan siklus II meningkat 81,8% (tuntas).

Article Details

How to Cite
MUJIRAH, Mujirah. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 654-664, oct. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/306>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i4.306.
Section
Science Education