Peran Aktif Mahasiswa dalam Mengenalkan Sistem Digital Marketing untuk Memotivasi Wirausahawan UMKM Desa Taringgul Tengah

Main Article Content

occe luciana

Abstract

Salah satu tugas mahasiswa dalam Tridharma Perguruan Tinggi adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat. Begitu pula dengan mahasiswa semester 7 STIE WIKARA. Mereka mengabdi di desa Taringgul Tengah kecamatan Wanayasa, membantu memotivasi para UMKM desa yang tengah mengalami penurunan omzet penjualan. Mahasiswa menyelenggarakan seminar singkat di kantor desa dengan mengundang 20 wirausahawan baik usaha warungan maupun industri rumahan (home industry). Narasumber seminar adalah para pelatih wirausaha yang berpengalaman di bidang pemasaran produk dan keuangan. Mereka memaparkan informasi tentang digital marketing (pemasaran produk online), kemasan produk yang berdisain nan cantik, dan pengelolaan keuangan sederhana. Warga termasuk Kepala Desa dan aparatnya mendukung keberadaan mahasiswa atas kegiatan-kegiatan yang dilakukan, karena pencerahan motivasi saja belumlah cukup untuk meningkatkan semangat para wirausaha UMKM yang sedang down akibat merosotnya laba, namun telah di-support pula oleh aparat desa selaku pemerintah disana. Ini dibuktikan dengan aktifnya BAMUSDES dalam mengolektif data usulan para UMKM yang berkenan memasarkan produknya secara online.


 

Article Details

How to Cite
LUCIANA, occe. Peran Aktif Mahasiswa dalam Mengenalkan Sistem Digital Marketing untuk Memotivasi Wirausahawan UMKM Desa Taringgul Tengah. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 641-645, oct. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/304>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i4.304.
Section
Social Education