Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Media Pohon Matematika
Abstract
Proses pembelajaran akan berlangsung secara baik apabila guru mampu menciptakan kondisi belajar yang dapat mengembangkan pola pikir siswa dan menjadikan belajar menjadi bermakna. Berdasarkan pengamatan di kelas VSDN 1 Tanggaran, pada pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat guru tidak menggunakan media dalam menyampaikan materi, guru masih terlalu banyak menggunakan metode ceramah. Hasil tes menunjukkan bahwa 12 siswa (60%) dari 20 siswa nilainya tidak mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui Media Pohon Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 TanggaranKecamatan Pule Kabupaten Trenggalek Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019?. Adapun tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui Media Pohon Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 TanggaranKecamatan Pule Kabupaten Trenggalek Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar pada pra siklus, siklus I, dan siklus II juga meningkat yaitu 40% (tidak tuntas), 55% (tdak tuntas) dan 75% (tuntas).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.