Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Bilangan Pecahan Senilai melalui Media Kertas Lipat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan pecahan senilai melalui media kertas lipat. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa menguasai pengetahuan dan keterampilan berhitung untuk bekal dalam hidupnya, khususnya berkaitan dengan bilangan pecahan. Kenyataannya siswa masih belum penguasai pecahan senilai. Siswa selalu mengalami kegagalan dalam mengerjakan soal ulangan. Penyebab kegagalan siswa karena pembelajaran dilapangan implementasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru tampaknya kurang bisa dimengerti siswa. Guru menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan pembelajaran matematika materi pecahan senilai. Permasalahan di atas dapat diatasi dengan menggunakan media kertas lipat. Melalui media pembelajaran kertas lipat siswa akan memperoleh pengetahuan bersifat kongkrit tentang bilangan pecahan senilai. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan. Siswa yang belum tuntas siklus I 4 siswa atau 21,05 %, tuntas 15 siswa atau 78,95 % dari 19 siswa. Sedangkan siklus II semua siswa tuntas atau 100% dari 19 siswa Siklus I rata-rata 76,84 dan siklus II rata-rata 80,53. Ketuntasan belajar siswa secara siklus I 78,95 % dan siklus II 100%.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.