Teori Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dalam Pendidikan Karakter Islam Kontemporer

Main Article Content

Mizan Khairusani Itsna Safira Khairunnisaa

Abstract

: Adanya tujuan pendidikan nasional adalah membentuk generasi yang memiliki karakter yang baik dan berakhlak mulia. Tujuan pendidikan sebaiknya mengedepankan perkembangan dua aspek penting dalam diri manusia yaitu jasmani dan rohani. Secara logika tubuh lebih mudah untuk dikembangkan karena terlihat oleh indera, sedangkan, aspek kejiwaan ini tidak mudah ditumbuhkan dan tidak terindera secara langsung tetapi membutuhkan pengamatan dan penelitian dalam jangka waktu yang lama. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengkaji teori pendidikan karakter Syed Naquib Al-Attas sebagai tokoh pendidikan kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan membentuk pribadi manusia yang baik dan berkarakter, namun dalam pendidikan akhlak lebih mengutamakan iman manusia. dalam hal ini Syed Naquib Al-Attas dalam konsep akhlaknya yang dinamakan ta’dib yakni menanamkan adab yang baik untuk membentuk kepribadian yang terpuji pada manusia melingkup kebiasaan, tabiat dan perilaku dalam hal ini konsep ta’dib menjadi sangat relevan ketika dikaitkan dengan penerapan pendidikan karakter yang terjadi sekarang ini.

Article Details

How to Cite
KHAIRUSANI, Mizan; KHAIRUNNISAA, Itsna Safira. Teori Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dalam Pendidikan Karakter Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 566-576, oct. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/296>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i4.296.
Section
Social Education