Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Model Pembelajaran Jigsaw

Main Article Content

warsini warsini

Abstract

Berdasarkan pengamatan di kelas IV SDN 3 Karanganyar, pada pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, guru masih terlalu banyak menggunakan metode ceramah dan hanya meminta siswa mengerjakan soal di buku paket. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Karanganyar Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes siswa berturut-turut pada pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 yang meningkat, yaitu 63,5, 70,5, dan 77,25. Selain itu, ketuntasan belajar pada pra siklus, siklus I, dan siklus II juga meningkat yaitu 45% (tidak tuntas), 60% (tidak tuntas) dan 80% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Karanganyar semester 2 tahun pelajaran 2015/2016.

Article Details

How to Cite
WARSINI, warsini. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Model Pembelajaran Jigsaw. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 554-565, oct. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/295>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i4.295.
Section
Science Education