Peningkatan Minat Karir melalui Layanan Bimbingan Konseling dengan Media Film pada Peserta Didik Kelas IX-G Smp Negeri 2 Kota Blitar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Main Article Content

D Marwanti

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini menggunakan media film sebagai sarana dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling  pada peserta didik kelas IXG SMP Negeri 2 Kota Blitar dengan  tujuan  untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling di sekolah sehingga dapat membantu perkembangan peserta didik secara optimal dan meningkatkan minat karir peserta didik  kelas IX-G SMP Negeri 2 Kota Blitar.Berdasarkan penelitisn ini, penggunaan media film dalam layanan bimbingan dan konseling dapat  memberikan tempat dan peluang kepada peserta didik kelas IX-G untuk melakukan interaksi dengan teman-temanya sehingga mereka terlatih untuk mengembangkan pemahaman dan minat karirnya. Selain itu juga media film dalam layanan bimbingan dan konseling dapat dipergunakan untuk memberdayakan kemampuan peserta didik dalam mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi individu dan kelompok. Serta penggunaan media film dalam layanan bimbingan konseling dapat meningkatkan minat karir peserta didik, hal ini dapat dilihat dari analisi hasil pra siklus, siklus I dan siklus II yang menunjukkan angka peningkatan minat karir peserta didik pada setiap tahapannya, yakni mulai 40, 7% pada tahap pra siklus meningkat menjadi 66, 7% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,1% pada siklus II.

Article Details

How to Cite
MARWANTI, D. Peningkatan Minat Karir melalui Layanan Bimbingan Konseling dengan Media Film pada Peserta Didik Kelas IX-G Smp Negeri 2 Kota Blitar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-8, nov. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/290>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i4.290.
Section
Social Education