Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Limit Fungsi Aljabar

Main Article Content

Putu Kartika Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi limit fungsi aljabar. Metode  penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek dari penelitian  ini adalah 34 siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja  dan 33 siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja.  Tes keterampilan berpikir tingkat tinggi yang digunakan memiliki  reliabilitas sebesar  0,757. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu dokumentasi berupa hasil jawaban siswa, observasi terhadap lembar jawaban siswa dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan  bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi limit fungsi aljabar meliputi kesalahan konsep (memahami soal, menterjemahkan soal, dan sifat limit), kesalahan prinsip (penulisan rumus, dan penggunaan  aturan substitusi), dan kesalahan operasi (perkalian akar sekawan). Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu kurang pahamnya akan konsep dan prosedur tentang sifat limit, perkalian akar sekawan, penggunaan metode substitusi, serta kurang teliti dalam perhitungan. Rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi matematika siswa SMA Negeri 2 Singaraja adalah 41,51%. Hasil tersebut masuk dalam kategori sedang. Sedangkan hasil rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi matematika siswa SMA Negeri 4 Singaraja adalah 50,90%. Hasil tersebut masuk dalam kategori sedang.

Article Details

How to Cite
DEWI, Putu Kartika. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 523-535, oct. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/275>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i4.275.
Section
Science Education