Kontribusi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam bagi Kesiapan Bangsa Memasuki Globalisasi: Konsepsi, Kebijakan, Tantangan dan Permasalahan

Main Article Content

Tatang Sudrajat

Abstract

Bangsa Indonesia dihadapkan pada fakta bahwa globalisasi dengan segala konsekuensinya telah menjadi bagian dari kompleksitas kehidupan sehari-hari. Selain dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat juga dirasakan dampak negatif yang sangat mungkin dapat mengarah pada disintegrasi bangsa. Dengan metode penelitian kepustakaan dan yuridis normatif tampak bahwa globalisasi dalam berbagai bentuk dan implikasinya sudah menjadi bagian keseharian masyarakat Indonesia. Perguruan Tinggi, termasuk perguruan tinggi keagamaan Islam sesuai dengan fungsinya yang diatur dalam perundang-undangan, dapat berkontribusi besar dalam mempersiapkan bangsa Indonesia dalam kehidupan global saat ini. Dalam menjalankan fungsi tersebut, beberapa tantangan dan permasalahan dihadapi perguruan tinggi, baik yang bersifat internal maupun eksternal.

Article Details

How to Cite
SUDRAJAT, Tatang. Kontribusi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam bagi Kesiapan Bangsa Memasuki Globalisasi: Konsepsi, Kebijakan, Tantangan dan Permasalahan. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 515-522, oct. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/271>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i4.271.
Section
Social Education