Pengembangan kepercayaan diri mahasiswa dalam berbahasa Inggris melalui teknik writing sebagai pendukung capaian pembelajaran

Main Article Content

occe luciana

Abstract

Krisis kepercayaan diri adalah salah satu persoalan mahasiswa dalam berbahasa. Saat karantina covid-19 ini, dimana perkuliahan dilakukan secara daring,  mata kuliah bahasa Inggrispun dilaksanakan  online. Seperti kebetulan ketika perkuliahan tatap muka dianggap sulit karena harus berkomunikasi verbal in English,  mahasiswa serta merta  harus belajar online di google classroom. Studi ini bertujuan  untuk melihat apakah terdapat peningkatan kepercayaan diri  mahasiswa dalam berbahasa Inggris ketika perkuliahan dilakukan online dalam bentuk chat/writing .  Dan untuk menganalisa apakah perkuliahan tersebut memenuhi capaian pembelajaran ataukah tidak.  Kualitatif adalah metode yang penulis gunakan yaitu mendeskripsikan analisa dari kuesioner yang disebar online menggunakan google form. Meski jawaban hasil kuesioner menunjukkan  38,2% saja menyatakan perkuliahan online lebih mudah dibanding offline, namun penulis melihat hampir semua mahasiswa mampu mencurahkan pemikirannya dalam forum chat yang menyebabkan peningkatan kepercayaan diri mereka. Ini dibuktikan sebanyak 61,8% mahasiswa memiliki peningkatan kepercayaan diri berbahasa Inggris ketika belajar, berdiskusi, bertanya materi perkuliahan melalui chat di forum google classroom.

Article Details

How to Cite
LUCIANA, occe. Pengembangan kepercayaan diri mahasiswa dalam berbahasa Inggris melalui teknik writing sebagai pendukung capaian pembelajaran. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 500-505, july 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/268>. Date accessed: 05 dec. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.268.
Section
Social Education