Penerapan Pendekatan Pakem melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sifat - Sifat Bangun Datar di Kelas 2 SD Negeri Bendo 2 Kota Blitar

Main Article Content

nasiatut tamimah

Abstract

Berdasarkan  hasil observasi awal diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas II SD Bendo 2 Kecamatan  Kepanjenkidul Kota Blitar belum optimal.. Dari rumusan masalah tersebut, pemecahannya adalah menggunakan langkah-langkah pendekatan PAKEM. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas II SD Negeri Bendo 2 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar  Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 26 orang. Dalam pelaksanaannya penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus mencakup empat tahap yaitu : (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (acting); (3) pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Dari hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya yaitu dilihat dari segi keaktifan siswa, keaktifan guru maupun hasil belajar siswa. Data tentang keaktifan siswa pada siklus I sebesar 45%, dan pada siklus II meningkat menjadi 65%. Kemudian data tentang hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 58,5 dengan ketuntasan siswa sebesar 60% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,5 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai, dapat disimpulkan  penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan kreatifitas serta hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
TAMIMAH, nasiatut. Penerapan Pendekatan Pakem melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sifat - Sifat Bangun Datar di Kelas 2 SD Negeri Bendo 2 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 488-499, july 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/264>. Date accessed: 05 dec. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.264.
Section
Science Education