Peningkatan Kemampuan Lari Melalui Metode Demontrasi pada Siswa Kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Gemaharjo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek

Main Article Content

Bambang Sujianto

Abstract

Penelitian ini dilakukan mengingat tingkat ketuntasan belajar siswa yang dapat dicapai hanya sebesar 58% dari ketuntasan klasikal yang ditentukan sebesar 85%. Sedangkan untuk ketuntasan minimal individual sebesar 75. Kiranya bukan hal terlalu tinggi apabila guru menetapkan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 85% tersebut. Mengingat materi lari kiranya bukanlkah hal yang asing bagi siswa, selalu dilakukan sehar—hari dan hanya tinggal mempelajari teknik yang sesuai saja. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research merupakan penelitian tindakan, dimana hasil penelitian yang dilakukan ditekankan pada adanya tindakan dari guru. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada beberapa aspek yang diteliti, yakni pada tingkat ketuntasan klasikal sebesar 25%, dan  pada nilai rata-rata sebesar 7,6 dan Pada aspek modus dan nilai tertinggi dan nilai terendah teta, tidak ada perubahan. Berdasarkan hasuil penelitian tersebut, maka dapat disampaikan kesimpulan bahwa : “Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan Lari bagi siswa kelas V Di SDN 1 Gemaharjoi  Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.

Article Details

How to Cite
SUJIANTO, Bambang. Peningkatan Kemampuan Lari Melalui Metode Demontrasi pada Siswa Kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Gemaharjo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 475-481, july 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/262>. Date accessed: 07 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.262.
Section
Social Education