Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Selamatkan Makhluk Hidup Sub Tema Tumbuhan Sahabatku Dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Ngantru Kecamatan Trenggalek

Main Article Content

Sutikah .

Abstract

Pembelajaran tematik dapat memberikan kebermaknaan dari materi yang di pelajari.kebermaknaan hasil pembelajaran berkaitan dengan nilai manfaat dari apa yang telah dipelajari sehingga dapat digunakan sebagai bekal dalam kehidupannya sehari-hari di masa kini maupun di masa yang akan datang.


Berdasarkan latar belakang di atas, secara umum permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Selamatkan Makhluk Hidup Sub Tema Tumbuhan Sahabatku dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Siswa Kelas VI SDN 2 Ngantru Kecamatan Trenggalek Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran obyektif tentang Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Selamatkan Makhluk Hidup Sub Tema Tumbuhan Sahabatku dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Siswa Kelas VI SDN 2 Ngantru Kecamatan Trenggalek Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018.


Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Spiral Kemmis dan Mc Taggart. Secara garis besar terdapat empat tahapan yang biasa dilalui, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Ngantru Kecamatan Trenggalek yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.


Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VI SDN 2 Ngantru Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Ngantru pada mata pelajaran tematik tema selamatkan makhluk hidup sub tema tumbuhan sahabatku sesudah menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) menunjukkan adanya peningkatan. Dimana data hasil belajar siswa setiap siklus terus mengalami peningkatan, nilai rata-rata kelas terus mengalami peningkatan dari 60,95 pada studi awal menjadi 68,10 pada siklus pertama, meningkat menjadi 73,33 dan pada akhir siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 9 orang siswa (42,86%) pada studi awal, menjadi 61,90% atau 13 siswa, meningkat lagi menjadi 90,48% atau 19 siswa pada akhir siklus kedua, sehingga masih terdapat dua siswa (9,52%) yang belum tuntas belajarnya. Pembelajaran tematik tema selamatkan makhluk hidup sub tema tumbuhan sahabatku dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada pembelajaran tematik tema selamatkan makhluk hidup sub tema tumbuhan sahabatku pada siswa kelas VI SDN 2 Ngantru Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 dikataakan berhasil.

Article Details

How to Cite
., Sutikah. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Selamatkan Makhluk Hidup Sub Tema Tumbuhan Sahabatku Dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Ngantru Kecamatan Trenggalek. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 462-468, july 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/255>. Date accessed: 02 dec. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.255.
Section
Science Education