Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika dengan Metode Jaritmatika

Main Article Content

Ninik Sulistyaningsih

Abstract

Pembelajaran matematika pada dasarnya dinilai seb gai pelajaran yang dinilai sulit sipelajari, selain itu pembelajaran yang biasa dipergunakan hanya sebatas memberikan teori sederhana. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaraan obyektif tentang peningkatan prestasi belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian dengan metode jarimatika pada Siswa Kelas II Semester II tahun Pelajaran 2014/2015 di SDN 1 Sambirejo Kecamatan Trenggalek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek PTK ini adalah siswa kelas II SDN 1 Sambireko Trenggalek yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode jarimatika dalam proses pembelajaran Matematika kelas II dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Meningkatnya prestasi belajar siswa ditunjukkan adanya peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa pada tahap prasiklus adalah 62,61. Jumlah siswa yang prestasi belajarnya mencapai KKM ada 12 siswa (52.74 %), pada siklus I rata-rata prestasi belajarnya menjadi 71,74 dan jumlah siswa yang prestasi belajarnya mencapai KKM ada 16 siswa (69,57 %), pada siklus II prestasi belajarnya meningkat menjadi 81,74 dan jumlah siswa yang prestasi belajarnya mencapai KKM ada 20 siswa (86,96 %).

Article Details

How to Cite
SULISTYANINGSIH, Ninik. Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika dengan Metode Jaritmatika. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 57-63, feb. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/24>. Date accessed: 22 may 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i1.24.
Section
Articles