Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Instalasi Tegangan Menegah 20 Kv Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas XII TITL3 SMKN 01 Blitar

Main Article Content

Darwanto .

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  setelah melalui proses belajar   memasang innstalasi 3 fasa betegangan  pada jaringan listrik   6 KV dan 20 KV melalui model pembelajaran Contextual  Teaching and  Learning ( CTL )   learningpada mata pelajaran  mememasang instalasi tenaga 3 fasa betegangan  pada jaringan listrik   6 KV dan 20 KV  pada materi memasang innstalasi 3 fasa. Penelitian ini dilakukan dengan model pembelajaran Contextual  Teaching and  Learning ( CTL ) learning yang dilakukan di kelas XII TITL 3 SMK  Negeri 01 Kota Blitar tahun pelajaran 2019 – 20120 dengn jumlah siswa sebanyak 34 Tindakan yang melalui proses belajar   perencanan panel listrik melalui model pembelajaran Contextual  TeachinG  and  Learning  pada mata pelajaran  Mememasang Instalasi Tenaga Listrik  3 fasa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan program perbaikan pembelajaran, diperoleh hasil bahwa  Pra Siklus  diperoleh data 34 siswa, 3 siswa (46.38% )mendapat nilai kurang, 7 siswa (70,.59,%) mendapat nilai sedang, dan hanya 1 siswa (0,3 %) yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan bahwa tujuan pembelajaran belum tercapai sepenuhnya untuk itu perlu diadakan perbaikan pembelajaran. Perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan untuk menindak lanjuti adalah 32 (Tiga Puluh dua) Siklus perbaikan. Berdasarkan dari  grafik analisis nilai hasil evaluasi Siklus 1  diperoleh data 17 siswa (50%) mendapat nilai kurang, 7 siswa (20,58%) mendapat nilai sedang 10 siswa (29,42%) yang mendapat nilai baik. Dari data tersebut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan nilai dari Pra Siklus ke Siklus 1. Berdasarkan dari tabel dan grafik analisis nilai hasil evaluasi Siklus 2  diperoleh data  ada 2 siswa mendapat nilai kurang, 2  siswa  (5,88 %)  , 1 siswa keluar, mendapat nilai sedang , 32 siswa (94.11 %) yang mendapat nilai baik. Dari data tersbut dapat diartikan sudah terjadi peningkatan yang signifikan nilai dari Pra Siklus sampai siklus 2. Tidak ada nilainya sedang semuanya baik Nilai rata-rata kelas pada Pra Siklus 59.09  kemudian meningkat pada siklus 1 yakni 74.00 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 90.50 % dapat dikatakan tindakan perbaikan pembelajaran yang penulis lakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam peren metode pengamatan pada Instalasi  tenaga listrik  di kelas XII TITL3  SMK Negeri 1 Kota Blitar  tahun Pelajaran 2019-2020

Article Details

How to Cite
., Darwanto. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Instalasi Tegangan Menegah 20 Kv Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas XII TITL3 SMKN 01 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 332-337, apr. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/231>. Date accessed: 09 july 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.231.
Section
Science Education