Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Google Classroom

Main Article Content

Adi Purnomo Rufi'i . Djoko Adi Walujo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Problem Based Learning berbantuan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar peserta didik kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di X SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian kelas X IPA1 dan X IPA2, populasi masing-masing kelas berjumlah 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes yang menggunakan soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikasi = 0,05, didapat 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto secara signifikan dengan menggunakan Problem Based Learning berbantuan aplikasi Google Classroom.

Article Details

How to Cite
PURNOMO, Adi; ., Rufi'i; WALUJO, Djoko Adi. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Google Classroom. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 390-395, july 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/230>. Date accessed: 07 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.230.
Section
Social Education