Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek Dengan Model Addie Pada Mata Pelajaran Desain Media Interaktif SMK

Main Article Content

Arina Masfuk Zaidi Iskandar Wiryokusumo Hari Karyono

Abstract

Penelitian pengembangan dengan teknis research and development ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif berbasis proyek untuk SMK mengadopsi model alur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) oleh Branch. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner atau angket, yang selanjutnya dianalisis validasi kelayakan produk oleh ahli media dan ahli materi. Hasil angket dianalisis dengan menghitung persentase masing-masing pertanyaan yang diberikan kepada peserta didik. Sedangkan data kualitatif hasil saran dan masukan dari validator yang menjadi data tidak terstruktur diseleksi sesuai dengan kebutuhan. Menurut ahli materi dan ahli media menyatakan media pembelajaran sangat valid dan layak untuk diaplikasikan sedangkan ahli pembelajaran yakni guru bidang studi desain multimedia produk pengembangan sesuai dengan isi, bahasa dan kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian menurut peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto sebagai pengguna, produk pengembangan sangat memudahkan peserta didik dalam memahami tentang konsep, desain dan perancangan alur multimedia interaktif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengisian angket tentang respon peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto terhadap pengembangan multimedia interaktif sebesar 88,1%. Adapun saran yang diajukan meliputi saran untuk keperluan pemanfaatan produk, desiminasi produk, dan keperluan pengembangan lebih lanjut.

Article Details

How to Cite
ZAIDI, Arina Masfuk; WIRYOKUSUMO, Iskandar; KARYONO, Hari. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek Dengan Model Addie Pada Mata Pelajaran Desain Media Interaktif SMK. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 381-389, july 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/228>. Date accessed: 07 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.228.
Section
Science Education