Integrasi STEM dalam Proses Pembelajaran untuk Mengembangkan Soft Skill pada Siswa SDN Dandong 01 Srengat Blitar

Main Article Content

ENIS ANA WULANDANINGRUM

Abstract

Pembelajaran berkualitas ditandai dengan tingginya keaktifan siswa dan ketepatan


guru memilih metode pembelajaran. Tuntutan Kurikulum 2013 adalah keseimbangan soft skill


perlu ditanamkan sejak SD. Penerapan STEM


dalam pembelajaran dioptimalkan untuk memacu


guru berkreatif dan mendorong siswa berpikir


kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendiskripsikan pengintegrasian STEM dalam pembelajaran dengan mengembangkan soft skill siswa Dandong



  1. Metode pemecahan masalah tiga tahap : persiapan, implementasi dan evaluasi. Persiapan (melakukan survei), pendahuluan (melihat kondisi di lapangan mengenai pengembangan profesional guru). Implementasi (pelatihan, metode ceramah dan presentasi, praktik pengajaran STEM). Evaluasi kegiatan dilakukan


setiap tahap dengan mengumpulkan dan meringkas data setiap aktivitas.

Article Details

How to Cite
ANA WULANDANINGRUM, ENIS. Integrasi STEM dalam Proses Pembelajaran untuk Mengembangkan Soft Skill pada Siswa SDN Dandong 01 Srengat Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 321-331, apr. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/227>. Date accessed: 09 july 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.227.
Section
Social Education