Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui Model Snowball Throwing

Main Article Content

Ratriani Ratriani

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sebenarnya merupakan mata pelajaran yang berhubungan langsung dengan kehidupan anak sehari-hari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus (perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi). Penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas IV SDN 1 Kelutan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek semester I tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian siswa tuntas pada siklus I adalah 28 siswa (80%), sedangkan siswa tuntas pada siklus II sebanyak 32 siswa (91%). Dengan demikian peningkatannya sebanyak 4 siswa (11%). Nilai rata-rata kelasĀ  pada siklus I sebesar 78 dan pada siklus II mencapai 82. Dengan demikian terjadi kenaikan sebesar 4 poin (5%).

Article Details

How to Cite
RATRIANI, Ratriani. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui Model Snowball Throwing. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 37-44, feb. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/22>. Date accessed: 14 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i1.22.
Section
Articles