Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Think Pair Share Siswa Kelas X Tata Boga Smk Negeri 3 Blitar

Main Article Content

syayidati islamiyati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran model Kooperatif Think Pair Share yang dapat meningkatkan hasil belajar materi gaya, usaha, dan energi pada siswa kelas X Tata Boga 1 SMK Negeri 3 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksananakan dalam 2 siklus dengan tahapan (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasi dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode Think Pair Share (TPS) diawali dengan (1) Eksplorasi, yaitu guru menggali pengatahuan awal siswa yang berkaitan dengan materi, (2) Eksplanasi, yaitu guru membagi menjadi tiga tahap pembelajaran yaitu tahap berpikir atau Think, tahap berpasangan atau Pair dan tahap berbagi atau Share, (3) Ekspansi, yaitu guru memberikan tugas pada siswa yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari dan terakhir (4) evaluasi, yaitu guru melakukan tes. Ada peningkatan hasil belajar materi gaya, usaha, dan energi setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS), dimana pada siklus I tingkat ketuntasan belajar hanya mencapai 55,88% dan pada siklus II menjadi 91,18%. Disamping itu aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan dimana sebelumnya berkategori baik menjadi sangat baik. Begitu juga ketrampilan kooperatif dengan Think Pair Share (TPS), dari baik menjadi sangat baik.

Article Details

How to Cite
ISLAMIYATI, syayidati. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Think Pair Share Siswa Kelas X Tata Boga Smk Negeri 3 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 293-298, apr. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/218>. Date accessed: 09 july 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.218.
Section
Science Education