Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Melalui Pelatihan Berbasis Masalah

Main Article Content

Asminarti .

Abstract

Berangkat dari permasalahan yang ada di SDN 184/V Parit Ponco, yakni tidak ada guru yang mengajar dengan media dan pembelajaran masih cenderung menggunakan metode ceramah maka dilakukan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan mengimpelementasikan pelatihan berbasis masalah dengan mengadaptasi model pembelajaran problem-based learning (PBL). Penelitian dilaksanakan di SDN 184/V Parit Ponco pada 8 guru. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi untuk menilai 4 aspek dalam bentuk skala scematic differential.  Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata skor kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran, yakni dari 59,97 pada siklus I menjadi 81,69 dengan semua guru menunjukkan adanya peningkatan skor. Selain itu, keempat aspek yang diukur dalam melihat kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran juga menunjukkan adanya peningkatan skor.

Article Details

How to Cite
., Asminarti. Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Melalui Pelatihan Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 277-284, apr. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/216>. Date accessed: 02 july 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.216.
Section
Social Education