Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Think Pair Share

Main Article Content

Imam Ahyat

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan Agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional. Model pembelajaran yang diterapkan pada siklus kajian adalah “Think Pair Share (TPS)” yang berlangsung dengan cara adanya interaksi, komunikasi, percakapan antara dua siswa. Jadi model pembelajaran ini adalah konstruktivisme. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus (perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi). Subjek penelitian siswa kelas V SDN 1 Ngetal Kecamatan Pogalan  Kabupaten Trenggalek semester I tahun pelajaran 2017/2018 adalah 20 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil menunjukkan siswa yang menempuh waktu 12.60.detik dari batas KKM waktu yang ditentukan  Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian adalah 20. Berdasarkan tabel di atas, siswa yang tuntas dalam belajar (nilai minimal sama dengan KKM yakni 70), sebanyak 18 siswa (90%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 2  siswa (10%).

Article Details

How to Cite
AHYAT, Imam. Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Think Pair Share. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 30-36, feb. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/21>. Date accessed: 22 may 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i1.21.
Section
Articles