Penggunaan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan

Main Article Content

Sriyati .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan di kelas 1 SDN 4/V Kuala Tungkal dengan subjek penelitian 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes penjumlahan dan pengurangan sebanyak 10 soal. Hasil penelitian berdasarkan nilai rata-rata daya serap individu meningkat dari 58,15 pada observasi awal menjadi 70,4 pada siklus I dan menjadi 86,7 pada siklus II. Nilai ketuntasan belajar klasikal juga meningkat dari 29,63 pada observasi awal menjadi 66,7% pada siklus I dan menjadi 92,6% pada siklus II. Dapat disimpulkan penelitian penggunaan media kartu angka berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumlahan dan pengurangan.

Article Details

How to Cite
., Sriyati. Penggunaan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 237-244, apr. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/209>. Date accessed: 09 july 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.209.
Section
Science Education