Peningkatan Hasil Belajar IPS Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Melalui Model Savi Dengan Penguatan Karakter Cinta Tanah Air

Main Article Content

Izatil Ulya

Abstract

Hasil observasi di SDN 1 Warujayeng Kabupaten Nganjuk menunjukkan hasil belajar siswa pada materi subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan masih rendah. Terdapat 23 dari 31 siswa dinyatakan belum tuntas, dan 8 tuntas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model SAVI pada siswa kelas V SDN 1 Warujayeng dengan penguatan karakter cinta tanah air. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan, dan setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan model SAVI diterapkan dengan baik sehingga model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan penguatan karakter cinta tanah air.

Article Details

How to Cite
ULYA, Izatil. Peningkatan Hasil Belajar IPS Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Melalui Model Savi Dengan Penguatan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 208-217, apr. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/202>. Date accessed: 09 july 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.202.
Section
Social Education