Peningkatan Hasil Belajar Sejarah melalui Pendekatan Kooperatif Teknik Jigsaw Siswa Kelas XII

Main Article Content

Hariyono Hariyono

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh sebelumnya diadakan tindakan sampai dengan tindakan siklus I, II, dan III , dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Kooperatif Teknik  Jigsaw Dapat Meningkatkan   hasil belajar Sejarah  siswa kelas XII Di SMA Negeri 1 Kesamben Kab.Blitar  ?. Sebagai gambaran untuk memperjelas keberhasilan  PTK ini dapat kita lihat data dan grafik perbandingan antara kemampuan siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan .Dari hasil penelitian  mulai dari kegiatan Pra Tindakan  sampai dengan Kegiatan  Tindakan Siklus I, II, dan III  dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Pembelajaran dengan menggunakan  pendekatan kooperatif Teknik Jigsaw dapat meningkatkan   Hasil Belajar Siswa siswa dalam: kerja kelompok dan kerja kelompok jigsaw (2) Dengan mengoptimalkan   pengajaran dengan pendekatan koopoeratif Teknik Jigsaw, mampu meningkatkan   hasil  belajar Sejarah siswa  kelas XII Di SMA Negeri 1 Kesamben Kab.Blitar. (3) Penggunaan teknik Jigsaw dalam pembelajaran Sejarah, ternyata dapat meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa terhadap materi Sejarah. Dari hasil pelaksanaan siklus III dapat disimpulkan melalui refleksi sebagai berikut: (1) Model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif teknik Jigsaw sangat penting dalam penciptaan keaktifan   siswa dalam pembelajaran Sejarah . (2) Perpaduan ceramah diskusi, demonstrasi, dan pemecahan masalah cukup efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa yang akhirnya berdampak positif dalam meningkatan hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
HARIYONO, Hariyono. Peningkatan Hasil Belajar Sejarah melalui Pendekatan Kooperatif Teknik Jigsaw Siswa Kelas XII. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 7-20, oct. 2017. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/2>. Date accessed: 26 sep. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v1i1.2.
Section
Articles