Penerapan Supervisi Akademik oleh Pengawas Sekolah dapat Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP

Main Article Content

Andi Asrifan Anis Pacinongi

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini didasari oleh tujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam menyusun silabus dan RPP untuk kegiatan belajar mengajar. Sedangkan tujuan umum dari kegiatan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui penerapan supervisi akademik oleh pengawas sekolah dapat meningkatkan profesionalisme kerja guru penjaskes dalam kegiatan belajar mengajar di Sekolah. Simpulan yang diperoleh dari kegiatan PTS ini adalah 1) Penerapan supervisi akademik oleh pengawas sekolah terhadap guru penjaskes di SMA Negeri 1 Panca Lautang dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam menyusun silabus dan RPP untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. 2) Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan guru penjaskes dalam menyusun silabus dan RPP, berimplikasi pada peningkatan partisipasi atau keaktifan siswa serta terhadap kegiatan belajar mengajar yang dapat mempengaruhi peningkatan prestasi siswa.

Article Details

How to Cite
ASRIFAN, Andi; PACINONGI, Anis. Penerapan Supervisi Akademik oleh Pengawas Sekolah dapat Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 201-207, apr. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/199>. Date accessed: 09 july 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.199.
Section
Science Education