Penerapan Supervisi Akademik dengan Teknik Pendekatan Lesson Study dapat Meningkatkan Profesionalisme Guru Ekonomi

Main Article Content

Andi Asrifan Gunawan Gunawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar di kelas melalui penerapan supervisi akademik dengan teknik pendekatan lesson study.  Prosedur penelitian  yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tindakan yang terbagi dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Tindakan yang dilakukan berupa  simulasi mengajar/ tutor sebaya dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dengan pendekatan Lesson Study. Hasil penelitian  tindakan sekolah ini pada siklus I dan siklus II adalah : (a), rata-rata hasil simulasi mengajar skor 74,83 (siklus I) dan 93,17  (siklus II), (b), Sikap guru terhadap simulasi PBM skor 73 (siklus I) dan 88 (siklus II), (c),  Pembuatan RPP skor 73,83 (siklus I) dan 95,50 ( siklus II)  (d). Pelaksanaan PBM di kelas skor 79 (siklus I) dan 95,83 (siklus II).Simpulan penelitian ini adalah  pengawasan akademik dengan cara supervisi akademik  dengan pendekatan lesson study lebih menumbuhkan profesionalisme guru dalam mengajar di kelas. Peneliti merekomendasikan  agar kegiatan penelitian tindakan sekolah ini terus dilakukan untuk memperbaiki mutu profesionalisme guru dan sekolah, dengan  terjalin komunikasi yang harmonis setiap elemen pendidikan akan dapat menyelesaikan permasalahan secara tuntas

Article Details

How to Cite
ASRIFAN, Andi; GUNAWAN, Gunawan. Penerapan Supervisi Akademik dengan Teknik Pendekatan Lesson Study dapat Meningkatkan Profesionalisme Guru Ekonomi. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 193-200, apr. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/198>. Date accessed: 09 july 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.198.
Section
Science Education