Peningkatan Kemampuan Membilang dengan Menggunakan Kartu Gambar pada Siswa Kelompok B Semester II Th. Pelajaran 2017/ 2018 di TK Al-Jihad Ngulankulon Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek

Main Article Content

endang eko susilowatI

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang adanya permasalahan rendahnya hasil belajar dalam kemampuan membilang di TK Al-Jihad Desa Ngulankulon Kecamtan Polagan Kabupaten Trenggalek. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah pembelajaran membilang dengan menggunakan kartu gambar pada siswa kelompok B Semester II tahun 2017/2018. Peneliti menemukan kemampuan anak dalam membilang mengalami kesulitan. Penyebab permasalahan dari guru sebagai peneliti adalah pembelajaraan yang diberikan monoton dan guru jarang memberikan pembelajaran menggunakan media yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan dan peningkatan kemampuan membilang menggunakan media kartu gambar pada Kelompok B TK Al-Jihad IV-43 Pogalan Trenggalek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan presentase pada hasil belajar anak. Setelah tindakan pembelajaran menggunakan media kartu gambar yang dilakukan dari Siklus I sampai Siklus II. Faktor yang menyebabkan peningkatan adalah dengan penerapan media kartu gambar berarti terjadi pembelajaran bermakna, dan siswa terlibat aktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan bercerita kelompok B TK Al-JIhad Pogalan Trenggalek.

Article Details

How to Cite
SUSILOWATI, endang eko. Peningkatan Kemampuan Membilang dengan Menggunakan Kartu Gambar pada Siswa Kelompok B Semester II Th. Pelajaran 2017/ 2018 di TK Al-Jihad Ngulankulon Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 158-164, jan. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/194>. Date accessed: 22 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i1.194.
Section
Science Education