Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 4 Blitar

Main Article Content

Siti Rohmawati

Abstract

Rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa dapat disebabkan antara lain, rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran agama . Guru sering memberikan pelajaran dalam bentuk ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa tidak termotivasi dan merasa jenuh sehingga motivasi untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatifnya tidak muncul bahkan tidak akan pernah muncul karena siswa sejak awal pembelajaran sudah tidak tertarik. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model Problem Based Learning di kelas VII-C SMP Negeri 4  Blitar dan mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilakukan dalam dua siklus tindakan meliputi tahapan perencanaan, observasi, analitis, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah RPP, tes, dan format observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yaitu untuk penilaian afektif siklus I pertemuan ke-1 63,08%, pertemuan ke-2 66,2%. Pada siklus II pertemuan ke-1 73,53%, pertemuan ke-2 77,29%. Pada penilaian  siklus III  pertemuan ke-1 77,33% dan pertemuan ke-2  82,58%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam  materi Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman.

Article Details

How to Cite
ROHMAWATI, Siti. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 4 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 172-177, apr. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/193>. Date accessed: 09 july 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.193.
Section
Social Education