Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat 100M melalui Metode Latihan Akselerasi

Main Article Content

Satun Satun

Abstract

Pendidikan Jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem Pendidikan secara keseluruhan bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, ketrampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, ketrampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani dan olahraga. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, guru minim mengajarkan berbagai ketrampilan gerak dasar, teknik dan strategi permainan dan olahraga, internalisasi nilai-nilai (sportifitas, jujur, kerjasama, dan lain-lain) serta pembiasaan hidup sehat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus (perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi). Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 2 Tawing Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 16 siswa. Hasil menunjukkan siswa yang menempuh waktu 12.60.detik dari batas KKM waktu yang ditentukan  sebanyak 8 siswa. Siswa yang menemuh waktu lebih dari 14.53 detik  sebanyak 1 siswa. Siswa yang menempuh waktu  lebih dari  15,07detik sebanyak 5 siswa. Siklus II diperoleh hasil tes dapat diketahui bahwa siswa yang menempuh waktu 12.00 – 13.60 detik   sebanyak 12 siswa.siswa yang  menempuh waktu 14.00- 15.30   sebanyak 4 siswa.

Article Details

How to Cite
SATUN, Satun. Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat 100M melalui Metode Latihan Akselerasi. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 24-29, feb. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/19>. Date accessed: 22 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i1.19.
Section
Articles