Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Menggunakan Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Peserta Didik Kelas I di SDN 2 Sobo Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek

Main Article Content

Dhami Dhami

Abstract

Siswa yang mengalami transisi dari pendidikan kanak-kanak menuju pendidikan dasar biasanya tidak selalu sudah paham atau mampu berhitung, misalnya  pada materi penjumlahan dan pengurangan. Bagi siswa yang biasa saja materi tersebut termasuk sulit dipahami karena memang mereka masihdalam tahap mengenal matematika. Meskipun sebagian siswa sudah mendapat pelajaran atau pengalaman dalam berhitung, tidak semua menguasai materi tersebut. Pemilihan metode atau cara mengajar termasuk salah satu pengaruhnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Peserta Didik Kelas I SD menggunakan metode demontrasi menggunakan kartu. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan dua suklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tertinggi yang dicapai pada siklus I dan siklus II adalah sama yakni 100. Sedangkan nilai terendah yang dicapai oleh siswa pada siklus I adalah 50 dan pada sikl;us II adalah 60. Terdapat peningkatan nilai 10 dan nilai rata-rata pada siklusn I adalah 72 dan pada siklus II sebesar 82. Terdapat peningkatan 10. Selanjutnya ketuntasan klasikal, pada siklus I sebesar 64% dan pada siklus II mencapai 93%. Terjadi peningkatan 29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi menggunakan kartu efektif untuk meningkatkan prestasi siswa dalam materi operasi penjumlahan dan pengurangan.

Article Details

How to Cite
DHAMI, Dhami. Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Menggunakan Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Peserta Didik Kelas I di SDN 2 Sobo Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 127-133, jan. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/189>. Date accessed: 22 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i1.189.
Section
Science Education