Peningkatan Hasil Belajar Tematik Dengan Model Pembelajaran Exampel Not Example Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sobo Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek

Main Article Content

Imam Mubaliq

Abstract

Pembelajaran tematik di sekolah ini guru cenderung masih konvensional dan hanya Terpaku pada buku tanpa ada inovasi dan pengembangan lebih lanjut. Keadaan demikian menjadikan hasil belajar siswa rendah, Kenyataan tersebut menjadikan peneliti berupaya menerapkan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan salah satunya dengan model pembelajaran example non example. tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran obyektif Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Cita- Citaku Sub Tema Aku dan Cita-Citaku dengan Model Pembelajaran Example not Example pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sobo Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 .Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV  SDN  1  Sobo  Kecamatan Munjungan. Kabupaten Trenggalek  pada  semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 19 orang,  terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. SD Negeri 1 Sobo terletak di didesa Sobo Kecamatan munjungan Kabupaten Trenggalek. Penggunaan model pembelajaran Example not Example dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sobo Kecamatan Munjungan semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, kondisi awal yakni sebanyak 2 siswa tuntas (10,53%), meningkat menjadi 10 siswa (52,63%) dan pada siklus II menjadi 17 siswa (89,47%). Selain itu rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dimana pada pra siklus hanya sebesar 56,32, pada siklus I sebesar 66,32 dan 76,32 pada siklus ke dua. Secara klasikal hasil proses pembelajaran pada telah memenuhi kriteria keberhasilan, sehingga dapat dinyatatakan selesai dan berhasil pada siklus kedua.

Article Details

How to Cite
MUBALIQ, Imam. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Dengan Model Pembelajaran Exampel Not Example Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sobo Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 116-126, jan. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/188>. Date accessed: 22 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i1.188.
Section
Science Education