Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Main Article Content

siti nuriyah

Abstract

Dalam kurikulum 2013 pada  prinsip pelaksanaan adalah berpusat pada peserta didik yang berbasis aktifitas yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi minat dan bakatnya dalam bidang yang ditekuninya secara mandiri. Upaya memandirikan siswa untuk belajar, bekerja sama, dan menilai diri sendiri diutamakan agar siswa mampu membangun kemauan, pemahaman, dan pengetahuannya. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan motivasi  siswa perlu terus-menerus diupayakan dengan cara proses pembelajaran yang direncanakan oleh guru. Upaya yang dilakukan guru adalah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sangat cocok untuk memotivasi siswa dalam memecahkan masalah masalah terkait dengan materi  Pengaruh perubahan dan interaksi keruangan terhadap kehidupan di negara negara ASEAN. Dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) peserta didik  dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial secara keseluruhan

Article Details

How to Cite
NURIYAH, siti. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 165-171, apr. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/187>. Date accessed: 09 july 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.187.
Section
Social Education