Metode Tutor Sebaya: Alternatif Peningkatan Kinerja Guru dalam Merancang dan Menggunakan Media Pembelajaran

Main Article Content

Ahmad Muhyi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN 010/V Senyerang. Penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya penggunaan media pembelajaran oleh guru-guru ketika mengajar. Intervensi dilakukan dengan menerapkan metode tutorial sebaya. Penelitian dilakukan kepada 13 guru, yakni 5 guru laki-laki dan 8 guru perempuan. Pengambilan data dilakukan melalui observasi. Selain itu, dilakukan wawancara kepada 21 siswa terkait pandangan mereka terhadap penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran menunjukkan peningkatan. Hal tersebut diindikasi dari peningkatan rata-rata skor yang diperoleh yakni 68,03 pada siklus II menjadi 81,25 pada siklus II. Dari perspektif siswa, 100% siswa menyukai penggunaan media pembelajaran karena lebih menyenangkan dan lebih membantu siswa memahami materi.

Article Details

How to Cite
MUHYI, Ahmad. Metode Tutor Sebaya: Alternatif Peningkatan Kinerja Guru dalam Merancang dan Menggunakan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 110-115, jan. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/186>. Date accessed: 18 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i1.186.
Section
Social Education