Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Supervisi Akademik di SMA Muhammadiyah I Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019, Penelitian Tindakan Sekolah

Main Article Content

Wiwik Dwi Astutik

Abstract

Guru sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan di Indonesia dituntut bekerja secara profesional. Salah satu upaya mewujudkannya dengan melakukan supervisi, baik yang dilakukan oleh kepala sekolah maupun pengawas. Pelaksanaan supervisi diharapkan supervisor (kepala sekolah dan pengawas) tidak bertindak sebagai inspektur yang hanya mencari kesalahan guru dalam melaksanakan tugasnya. Akan tetapi memberi bantuan layanan untuk mengatasi permasalah yang dihadapi oleh guru. Oleh sebab itu, supervisor harus paham betul tujuan, fungsi, prinsip-prinsip, metode serta teknik supervisi agar memperoleh manfaat yang optimal yaitu guru yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Meningkatkan kompetens pedagogik guru SMA Muhammadiyah I Blitar dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik (2) Mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melaksanakan supervisi akademik agar dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Pada setiap siklus memiliki perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berbeda-beda. Subyek penelitian guru. Kepala sekolah dengan tindakan supervisi akademiknya, sedangkan guru SMA Muhamadiyah I Blitar sebagai obyek  pemberian perlakuan supervisi akademik. Teknik analisa data yang menjadi pedoman pengolahan data dengan menggunakan prosentase (%) pencapaian dengan konstanta 100. Dan untuk melihat  interpertasi dengan menggunakan kriteria interpertasi skor  untuk memperkuat penafsiran dalam kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan prosentase pada tiap tahapannya, Supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru terbukti dari data keterlaksanaan pelaksanaan supervise pada penelitian ini selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I kegiatan supervise  ke-1 adalah 72,22%,kegiatan supervise ke – 2 adalah 75,06% dari kegiatan ke – 1 ke -2 mengalami kenaikkan 2,84%. Pada siklus II kegiatan supervise ke -1 adalah 78,12% ,kegiatan supervise ke – 2 adalah 81,94% dari kegiatan ke – 1 ke -2 mengalami kenaikkan 3,82%. Kegiatan siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 6,97%. Artinya supervisi mempunyai dampak yang positif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan akhirnya akan berdampak pula terhadap prestasi peserta didik.

Article Details

How to Cite
ASTUTIK, Wiwik Dwi. Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Supervisi Akademik di SMA Muhammadiyah I Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019, Penelitian Tindakan Sekolah. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 78-83, jan. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/182>. Date accessed: 22 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i1.182.
Section
Social Education