MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TPS

Main Article Content

Edi Agus Nuroso

Abstract

Salah satu pelajaran yang dirasa sulit bagi siswa yaitu matematika. Permasalahan  penelitian ini adalah bagaimana meningkatkanhasil belajar matematika siswa SDN 2 Mlinjon pada kelas IV materi penyajian data menggunakan Model Pembelajaran TPS. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta memperluas wawasan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar dengan model pembelajaran yang bervariasi pada materi matematika. Dari hasil analis didapatkan bahwa pembelajarandengan model TPS dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VI semester l SDN 2 Mlinjon tahun ajaran 2016-2017 dengan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 68 masih di bawah KKM 70, nilai rata-rata pada siklus II mencapai 80. Untukketuntasan belajar pada siklus I terdapat 9 anak (56,25%) pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar mencapai 16 anak (93,75%)

Article Details

How to Cite
NUROSO, Edi Agus. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TPS. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 68-72, jan. 2020. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/180>. Date accessed: 22 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i1.180.
Section
Social Education